Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Siapa yang tidak kenal dengan bawang putih? Bahan yang sering digunakan orang untuk membuat masakan seperti sup ini ternyata baik lho untuk kesehatan. Sebuah penelitian dari University of Notthingham menyimpulkan bahwa bawang putih mengandung senyawa yang dapat mengurangi resiko terbentuknya kanker, diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Bawang putih menghasilkan senyawa sulfur yang mempengaruhi moleul gas oksida nitrat dan hidrogen sulfida yang secara alami diproduksi tubuh manusia.
Ada 7 manfaat bawang putih diantaranya:

1. Menurunkan Resiko Kanker 
   Bawang putih mengandung senyawa sulfur bioaktif dimana senyawa ini berfungsi untukmemperbaiki dan mengganti sel tubuh yang rusak, menghambat pertumbuhan kanker dan melindungi tubuh dari zatkarsinogen.
Banyak ilmuan meneliti dan menimpulkan bahwa bawang putih mentah dapat megurangi tumbuhnya kanker payudara, kanker paru dan kanker pankreas.

2. Menurunkan Kadar Kolestrol
   Mengkonsumsi bawah mentah setiap hari selama dua bulan membantu mengurangi kadar kolestrol yang signifikan. Penelitian di Rafsajan University of Medical Science membuktikan bahwa memakan bawang putih mentah mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolestrol jahat.
3. Meredakan Infeksi, Radang dan Pilek
   Bawang putih mengandung senyawa allicin yang berfungsi sebagai antimikroba, antivirus dan antijamur yang membunuh organisme penimbul penyakit.
4. Menjaga Kesehatan Otak
   Berbagai Penyakit yang menyerang otak antara lain adalah Alzheimer ternyata dapat dicegah dengan mengkonsumsi bawang putih. Unsur kimia pada bawang putih membantu mencegah pembentukan plak dan zat yang berbahaya pada sel saraf pusat.

5. Mencegah Penyakit Jantung
   Bawang putih mentah dapat membantu mengurangi plak pada arteri koroner. Makan bawah putih mentah secara rutin juga membantu mengurangi penyakit jantung dan sistem metabolisme.

Baca Juga Inilah 10 manfaat buah tomat bagi tubuh !


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daun dan Jenis-jenisnya

Pengertian, Ciri-ciri Umum, Sistem Perakaran dan Akar engan Fungsi Khusus

Circumsciptio Daun