Waspada ! Gejala Penyakit Anemia !

Apakah anda menderita penyakit kekurangan darah? Apa saja gejala yang anda rasakan? Gejala penyakit anemia pada setiap orang berbeda-beda tergantung pada kondisi tubuh dan ada penyakit lain  yang menyertai seperti kanker, pendarahan atau saat menstruasi pada wanita.



 
 
 
 
Berikut ini gejala umum penyakit anemia yaitu:

Sesak napas dan sakit kepala.  

Biasanya terjadi saat kita menggunakan kekuatan fisik seperti mengangkat beban atau sedang berolahraga. Gejala ini disebabkan karena pasokan oksigen yang kurang sehingga merasa pusing berkunang-kunang.

Pusing 

Merupakan gejala gangguan pada otak, penglihatan, pencernaanan dan lain-lain. Pusing yang mengganggu penderita anemia disebabkan karena kekurangan  hemoglobin (HB) darah yang sedikit memproduksi sel-sel darah merah. Sel darah merah berperan sebagai pembawa oksigen kebagian tubuh vital.

Kram Kaki

Penderita Anemia ringan mengalami kram kaki yang tidak terlalu parah saat melakukan aktivitas seperti bejalan, berlari, berdiri dalam jangka waktu yang lama. Namun, jika penderita anemia berat kram kaki sanga menyakitkan walaupun tidak melakukan aktivitas. Ciri-cirinya saat terjadi kram disertai dengan sesak napas, pusing dan tubuh menjadi lemas merupakan bentuk dari gejala anemia berat.

Hilang Konsentrasi

Sel darah merah yang sedikit otomatis nutrisi dan oksigen yang dibawa oleh sel darah juga sedikit. Ini dapat mengakibatkan tingkat energi yang berkurang sehingga sulit untuk berkonsentrasi. Tingkat kelelahan pada penderita anemia yang terlalu ekstrim berdampak pada sistem kerja saraf yang sulit fokus dan berkosentrasi secara optimal.

Sulit Tidur (Insomnia)

Sebuah studi di Irlandia tahun 2008 berjudul "Restless Legs Syndrome and Periodic Limb Movement Disorder in Children and Adolescent" menyebutkan bahwa susah tidur dan sindrom yang dialami oleh anak-anak, remaja dan lansia disebakan karena kekurangan zat besi.





Itulah gejala-gejala awal dari penyakit anemia. Jika anda mengalami ciri-ciri diatas maka sebaiknya anda periksa ke dokter untuk pencegahan lebih lanjut.






Sumber gambar :
https://3.bp.blogspot.com/-WZt9Q3dugzs/WvVFmhx8AhI/AAAAAAAAAoc/DPFuGF7-i5k4MQK-6p8hkeOoouYul9hOQCLcBGAs/s1600/gejala-anemia-696x458.jpg 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daun dan Jenis-jenisnya

Pengertian, Ciri-ciri Umum, Sistem Perakaran dan Akar engan Fungsi Khusus

Circumsciptio Daun