Jaringan Epitel



Jaringan epitel


sumber gambar :
 https://1.bp.blogspot.com/-GywouzjmJz0/WtF6TLU_YwI/AAAAAAAAAgY/6stNAzzDFE0ZYZYbA9rS6rItQkB1mHW6ACLcBGAs/s1600/Fungsi%2BJaringan%2BEpitel.JPG





A.    Definisi Jaringan epitel
Jaringan epitel (Epithelial tissue) adalah jaringan yang menutupi seluruh permukaan tubuh dibagian luar, dan yang membatasi permukaan bebas (rongga-rongga) didalam tubuh (N, A Campbell:2003). Epitel yang menutupi permukaan tubuh terdapat pada kulit yang dikenal sebagai epidermis. Sedangkan yang berbatasan dengan ro
ngga dalam tubuh adalah epitel saluran pencernaan, epitel pembuluh darah (endothelium) dan epitel rahim (endometrium).

B.     Macam-macam jaringan epitel
Berdasarkan jumlah lapisan dan bentuk sel terbagia atas:
1.      Epitel selapis
Berhubungan langsung dengan membran basal. Terdiri atas:
a.       Epitel selapis pipih (squamosa)
Berupa plat pipih teratur dan tak teratur pada tepinya, jika sayatan melintang akan kelihatan seperti batang silindris, selalu mengalami penebalan pada bagian intinya. Squamosa ini terdapat pada rongga pericardium, plaura, dan rongga perut.
b.      Epitel selapis kubus (cuboidal)
Dibentuk oleh selapis sel selapis sel yang berbentuk seperti kubus dan tersusun merapat satu sama lain. Terdapat pada banyak kelenjar seperti kalenjar tiroid, pada permukaan bebas di dalam ovarium, membatasi lumen dari pembuluh prnampung ginjal dan sebagainya.
c.       Epitel selapis silindris (columnar)
Dibentuk oleh selapis sel yang berbentuk silindris, dan tersusun rapat satu sama lain, inti bentuknya lonjong, terdapat pada rongga pencernaan mamalia (lambung sampai rektum), pada lumen, dari kantong empedu. Pada sayatan vertikalnya tampak sebagai selapis sel empat persegi panjang.

2.      Epitel berlapis
Terdapat pada membran dasar dan hanya sel-sel paling luar saja yang melekat pada membrane basal tersebut yaitu terdiri atas:
a.       Epitel berlapis pipih
Dibangun oleh dua atau banyak lapisan sel. Lapisan sel pada daerah superfisial selalu terdiri dari sel yang pipih. Terdapat pada esophagus, epidermis kulit, rongga mulut, epilogtis kornea dan b=sebagainya.
b.      Epitel berlapis kubus
Epitel berlapis kubus terdapat pada saluran kelenjar keringat
c.       Epitel berlapis kolumnar
Terdapat pada palatum mole didalam laring. Lapisan sel yang paling dalam membentuk lapisan basal.
d.      Epitel transisional
Lapisan ini mengalami perubahan bentuk yaitu contohnya pada kantong air seni. Bila kantong air seni kosong sel-selnya berbentuk berlapis banyak kubus, dan bila penuh berbentuk berlapis banyak pipih.
e.       Epitel berlapis kolumnar palsu bersilia
Epitel ini membatasi lumen dan trakea. Walaupun tampaknya seolah-olah terdiri dari beberapa lapisan sel namun sebenarnya hanya dibangun oleh satu lapis sel saja. Hal ini disebabkan karena lapisan sel yang membangunnya tidak sama tinggi, demikian juga letak intinya. Masing-masing sel berhubungan langsung dengan membran basal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daun dan Jenis-jenisnya

Pengertian, Ciri-ciri Umum, Sistem Perakaran dan Akar engan Fungsi Khusus

Circumsciptio Daun